Saturday, January 28, 2017

TIPS MENJAWAB TEST PSIKOMETRI TKHI


TIPS MENJAWAB TEST PSIKOMETRIS TKHI
Dalam proses penerimaan tenaga TKHI ada salah satu test  yang penting yang harus dilalui oleh tenaga kesehatan TKHI yaitu test psikometris. Banyak dari teman – teman tenaga kesehatan yang belum menegtahui tips / cara menjawab test psikometri dengan baik. Oleh karenanya saya akan mencoba berbagi pengalaman dalam menjawab test psikometris.
Adapun cara / tips menjawab test psikometris adalah sebagai berikut :
1.       Jawablah semua pertanyaan sesuai keadaan / sifat kita.
2.       Jangan melebih lebihkan dalam menjawab pertanyaan ( agar kita kelihatan orang hebat / alim),
contoh : apakah anda pernah berbohong ?
jawab : a. Ya    b. Tidak
jawabnya tentu saja (a), karena tidak ada manusia yang sempurna, kita sebagai manusia biasa ini tidak ada yang tidak pernah berbohong.
3.       Konsekwen dalam menjawab pertanyaan yang sama, karena akan ada beberapa pertanyaan yang diulang. Jawaban kita harus sama pada pertanyaan yang sama. Karena itu menunjukan kita punya pendirian.
4.       Jangan mencontek jawaban orang lain,karena setiap orang mempunyai sifat dan kelebihan serta kekurangan masing – masing. Jika kita mencontek punya orang lain malah bisa bisa hasil test sifat kita mempunyai kepribadian ganda, dan itu membuat test psikometris kita dianggap gagal.
5.       Pada sesi pertanyaan psikolastik kecermatan dan ketelitian jawablah pertanyaan dengan teliti, karena TKHI dibutuhkan orang orang yang teliti dalam melaksanakan tugas.
6.       Pada sesi wawancara, pertanyaan setiap orang akan berbeda disesuaikan hasil dari test tulis kita. Tapi kebanyakan adalah pertanyaan : apa motivasi kita mendaftar TKHI? Jawab saja ingin bertugas mengawal jama’ah haji agar dapat beribadah haji dengan baik dan jika memungkinkan kita juga bisa ikut beribadah haji.

Demikian beberapa tips dari saya dalam menjawab tes psikometris TKHI, semoga bermanfaat bagi anda.....aamiin.

SELAMAT MENUNAIKAN TUGAS MENJADI TKHI




No comments:

Post a Comment