Saturday, January 28, 2017

LP WAHAM


LAPORAN PENDAHULUAN WAHAM
LAPORAN PENDAHULUAN

A.    Masalah Utama
 Perubahan isi pikir : waham

B.     Proses terjadinya masalah
1.      Pengertian
Waham adalah keyakinan seseorang yang berdasarkan penilaian realitas yang salah. Keyakinan klien tidak konsisten dengan tingkat intelektual dan latar belakang budaya klien (1).
Gangguan isi pikir dapat diidentifikasi dengan adanya waham. Waham atau delusi adalah ide yang salah dan bertentangan atau berlawanan dengan semua kenyataan dan tidak ada kaitannya degan latar belakang  budaya (Morgon,1998).
Tanda dan gejala
a.       Klien mengungkapkan sesuatu yang diyakininya (tentang agama, kebesaran, curiga, keadaan dirinya) berulang kali secara berlebihan tetapi tidak sesuai dengan kenyataan
b.      Klien tampak tidak mempercayai orang lain, curiga, bermusuhan
c.       Takut, kadang panik
d.      Tidak tepat menilai lingkungan / realitas
e.       Ekspresi tegang, mudah tersinggung
2.      Penyebab
Penyebab secara umum dari waham adalah gannguan konsep diri : harga diri rendah. Harga diri rendah. Waham dipengaruhi oleh factor pertumbuhan dan perkembangan seperti adanya penolakan, kekerasan, tidak ada kasih sayang, pertengkaran orang tua dan aniaya. Waham dapat dicetuskan oleh tekanan, isolasi, pengangguran yang disertai perasaan tidak berguna, putus asa, tidak berdaya.
Tanda dan gejala:
      Perasaan yang negatif terhadap diri sendiri, termasuk hilangnya percaya diri dan harga diri,
      Merasa gagal mencapai keinginan (Tim Direktorat Keswa, 2000).
      Rasa bersalah terhadap diri sendiri
      Merendahkan martabat
      Gangguan hubungan sosial
      Percaya diri kurang
      Mencederai diri.
3.      Akibat
            Akibat dari waham klien dapat mengalami kerusakan komunikasi verbal.
Tanda dan gejala: Pikiran tidak realistik, flight of ideas, kehilangan asosiasi, pengulangan kata-kata yang didengar dan kontak mata yang kurang.
Akibat yang lain yang ditimbulkannya adalah beresiko mencederai diri, orang lain dan lingkungan.
Tanda dan gejala:
      Klien mengatakan benci atau kesal pada seseorang.
      Klien suka membentak dan menyerang orang yang mengusiknya jika    sedang kesal atau marah.
      Riwayat perilaku kekerasan atau gangguan jiwa lainnya.
      Mata merah, wajah agak merah.
      Nada suara tinggi dan keras, bicara menguasai: berteriak, menjerit, memukul diri sendiri/orang lain.
      Ekspresi marah saat membicarakan orang, pandangan tajam.
      Merusak dan melempar barang‑barang.

C.   
Resiko tinggi mencederai diri, orang lain dan lingkungan
 
Pohon masalah
Kerusakan komunikasi verbal
 
                                                                                                  
Text Box: Perubahan isi pikir: waham
Core problem
 
 









D.    Masalah keperawatan dan data yang perlu dikaji
1.      Masalah keperawatan :
a.       Resiko tinggi mencederai diri, orang lain dan lingkungan
b.      Kerusakan komunikasi : verbal
c.       Perubahan isi pikir : waham
d.      Gangguan konsep diri : harga diri rendah.
2.      Data yang perlu dikaji :
a.       Resiko tinggi mencederai diri, orang lain dan lingkungan
1).    Data subjektif
Klien memberi kata-kata ancaman, mengatakan benci dan kesal pada seseorang, klien suka membentak dan menyerang orang yang mengusiknya jika sedang kesal, atau marah, melukai / merusak barang-barang dan tidak mampu mengendalikan diri
2).    Data objektif
Mata merah, wajah agak merah, nada suara tinggi dan keras, bicara menguasai, ekspresi marah, pandangan tajam, merusak dan melempar barang-barang.
b.      Kerusakan komunikasi : verbal
1).    Data subjektif
Klien mengungkapkan sesuatu yang tidak realistik
2).    Data objektif
Flight of ideas, kehilangan asosiasi, pengulangan kata-kata yang didengar dan kontak mata kurang
c.       Perubahan isi pikir : waham ( ………….)
1).    Data subjektif :
Klien mengungkapkan sesuatu yang diyakininya ( tentang agama, kebesaran, kecurigaan, keadaan dirinya) berulang kali secara berlebihan tetapi tidak sesuai kenyataan.
2).    Data objektif :
Klien tampak tidak mempunyai orang lain, curiga, bermusuhan, merusak (diri, orang lain, lingkungan), takut, kadang panik, sangat waspada, tidak tepat menilai lingkungan / realitas, ekspresi wajah klien tegang, mudah tersinggung.
d.      Gangguan konsep diri: harga diri rendah
1).    Data subjektif
Klien mengatakan saya tidak mampu, tidak bisa, tidak tahu apa-apa, bodoh, mengkritik diri sendiri, mengungkapkan perasaan malu terhadap diri sendiri
2).    Data objektif
Klien terlihat lebih suka sendiri, bingung bila disuruh memilih alternative tindakan, ingin mencedaerai diri/ ingin mengakhiri hidup

E.     Diagnosa Keperawatan
a.    Perubahan isi  pikir : waham
b.    Gagguan konsep diri : harga diri rendah
F.     Rencana Keperawatan
Diagnosa I: Perubahan isi pikir : waham
Tujuan umum : Klien tidak terjadi kerusakan komunikasi verbal
Tujuan khusus :
1.        Klien dapat membina hubungan saling percaya dengan perawat
Tindakan :
1.1.     Bina hubungan. saling percaya: salam terapeutik, perkenalkan diri, jelaskan tujuan interaksi, ciptakan lingkungan yang tenang, buat kontrak yang jelas topik, waktu, tempat).
1.2.     Jangan membantah dan mendukung waham klien: katakan perawat menerima keyakinan klien "saya menerima keyakinan anda" disertai ekspresi menerima, katakan perawat tidak mendukung disertai ekspresi ragu dan empati,  tidak membicarakan isi waham klien.
1.3.     Yakinkan klien berada dalam keadaan aman dan terlindungi: katakan perawat akan menemani klien dan klien berada di tempat yang aman, gunakan keterbukaan dan kejujuran jangan tinggalkan klien sendirian.
1.4.     Observasi apakah wahamnya mengganggu aktivitas harian dan perawatan diri

2.        Klien dapat mengidentifikasi kemampuan yang dimiliki
Tindakan :
2.1.      Beri pujian pada penampilan dan kemampuan klien yang realistis.
2.2.      Diskusikan bersama klien kemampuan yang dimiliki pada waktu lalu dan saat ini yang realistis.
2.3.      Tanyakan apa yang biasa dilakukan kemudian anjurkan untuk melakukannya saat ini (kaitkan dengan aktivitas sehari ‑ hari dan perawatan diri).
2.4.      Jika klien selalu bicara tentang wahamnya, dengarkan sampai kebutuhan waham tidak ada. Perlihatkan kepada klien bahwa klien sangat penting.
3.        Klien dapat mengidentifikasikan kebutuhan yang tidak terpenuhi
Tindakan :
3.1.      Observasi kebutuhan klien sehari-hari.
3.2.      Diskusikan kebutuhan klien yang tidak terpenuhi baik selama di rumah maupun di rumah sakit (rasa sakit, cemas, marah).
3.3.      Hubungkan kebutuhan yang tidak terpenuhi dan timbulnya waham.
3.4.      Tingkatkan aktivitas yang dapat memenuhi kebutuhan klien dan memerlukan waktu dan tenaga (buat jadwal jika mungkin).
3.5.      Atur situasi agar klien tidak mempunyai waktu untuk menggunakan wahamnya.
4.        Klien dapat berhubungan dengan realitas
Tindakan :
4.1.      Berbicara dengan klien dalam konteks realitas (diri, orang lain, tempat dan waktu).
4.2.      Sertakan klien dalam terapi aktivitas kelompok : orientasi realitas.
4.3.      Berikan pujian pada tiap kegiatan positif yang dilakukan klien
5.        Klien dapat menggunakan obat dengan benar
Tindakan :
5.1.      Diskusikan dengan kiten tentang nama obat, dosis, frekuensi, efek dan efek    samping minum obat.
5.2.      Bantu klien menggunakan obat dengan priinsip 5 benar (nama pasien, obat,    dosis, cara dan waktu).
5.3.      Anjurkan klien membicarakan efek dan efek samping obat yang dirasakan.
5.4.      Beri reinforcement bila klien minum obat yang benar.
6.        Klien dapat dukungan dari keluarga
Tindakan :
6.1.      Diskusikan dengan keluarga melalui pertemuan keluarga tentang: gejala  waham, cara merawat klien, lingkungan keluarga dan  follow up obat.
6.2.      Beri reinforcement atas keterlibatan keluarga
Diagnosa II: gangguan konsep diri : harga diri rendah
Tujuan umum
Kien dapat mengendalikan waham.
Tujuan khusus
1.      Klien dapat membina hubungan saling percaya.
1.1.      Bina hubungan saling percaya dengan menerapkan prinsip komunikasi terapeutik:
§  Sapa klien dengan ramah secara verbal dan nonverbal
§  Perkenalkan diri dengan sopan
§  Tanyakan nama lengkap klien dan nama panggilan yang disukai klien
§  Jelaskan tujuan pertemuan
§  Jujur dan menepati janji
§  Tunjukkan sikap empati dan menerima klien apa adanya
§  Beri perhatian kepada klien dan perhatikan kebutuhan dasar klien
2.      Klien dapat mengidentifikasi kemampuan dan aspek positif yang dimiliki.
2.1.     Diskusikan kemampuan dan aspek positif yang dimiliki klien.
2.2.     Hindarkan memberi penilaian negatif setiap bertemu klien.
2.3.     Utamakan memberi pujian yang realistik.
3.      Klien dapat menilai kemampuan yang digunakan.
3.1.      Diskusikan kemampuan yang masih dapat dilakukan.
3.2.      Diskusikan kemampuan yang dapat dilanjutkan penggunaannya.
4.      Klien dapat merencanakan kegiatan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.
4.1.      Rencanakan bersama klien aktivitas yang dapat dilakukan setiap hari.
4.2.      Tingkatkan kegiatan sesuai dengan toleransi kondisi klien.
4.3.      Beri contoh cara pelaksanaan kegiatan yang dapat klien lakukan.
5.      Klien dapat melakukan kegiatan sesuai kemampuannya.
5.1.     Beri kesempatan pada klien untuk mencoba kegiatan yang telah direncanakan.
5.2.     Diskusikan pelaksanaan kegiatan dirumah
6.      Klien dapat memanfaatkan sistem pendukung yang ada.
6.1.      Beri pendidikan kesehatan pada keluarga tentang cara merawat klien dengan harag diri rendah.
6.2.      Bantu keluarga memberiakn dukungan selama klien dirawat.
6.3.      Bantu keluarga menyiapkan lingkungan rumah.























DAFTAR PUSTAKA

1.      Aziz R, dkk. Pedoman asuhan keperawatan jiwa. Semarang: RSJD Dr. Amino Gondoutomo. 2003
2.      Keliat Budi A. Proses keperawatan kesehatan jiwa. Edisi 1. Jakarta: EGC. 1999
3.      Tim Direktorat Keswa. Standart asuhan keperawatan kesehatan jiwa. Edisi 1. Bandung: RSJP.2000
4.      Townsend M.C. Diagnosa keperawatan pada keperawatan psikiatri; pedoman untuk pembuatan rencana keperawatan. Jakarta: EGC. 1998
5.      …………..Pelatihan asuhan keperawatan pada klien gangguan jiwa. Semarang. 20 – 22 Novembr 2004. unpublished




No comments:

Post a Comment