Sunday, January 22, 2017

pedoman deteksi kesehatan jiwa jama'ah haji


KELOMPOK STUDI
KESEHATAN JIWA HAJI
PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KEDOKTERAN JIWA INDONESIA

Pedoman Pelayanan Medik
Pemeriksaan Penunjang  Deteksi Dini  Kesehatan Jiwa Calon Jamaah Haji
di Pusat Pelayanan Kesehatan Primer (PUSKESMAS)












Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia Cabang DKI Jakarta
RS Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan
Jl. Prof. Latumeten No. 1 Jakarta Barat
021-23766884  e-mail: pdskjijaya@gmail.com




Pedoman Pelayanan Medik
Pemeriksaan Penunjang  Deteksi Dini  Kesehatan Jiwa Calon Jamaah Haji
di Pusat Pelayanan Kesehatan Primer (PUSKESMAS)



A .LATAR BELAKANG

Sesuai dengan amanat Undang-undang No. 13 tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji, Kementerian Kesehatan diberi tanggungjawab sepenuhnya dibidang pelayanan kesehatan dalam proses penyelenggaran ibadah haji. Dengan demikian upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan merupakan kewajiban dalam memberikan pelayanan yang prima pada setiap jenis dan lini mulai dari Indonesia sampai di Tanah Suci.

Tantangan pelayanan kesehatan haji setiap tahun terus bertambah, hal ini disebabkan karena jumlah calon haji yang besar, jumlah yang mempunyai risiko tinggi (RISTI) dan lanjut usia cukup besar, serta beragamnya latar belakang psikologis, sosial budaya dan pendidikan. Disamping itu semakin tingginya pemahaman para calon jamah haji akan hak-haknya, maka kesiapan aspek etikolegal dalam pelayanan kesehatan haji semakin penting untuk diperhatikan, termasuk diantaranya Pedoman Pelayanan Medik dan Standar Prosedur Operasional dalam pelayanan kesehatan haji, khususnya kesehatan jiwa para calon jamaah haji.

Bertolak dari permasalahan kesehatan yang demikian kompleks pada jemaah haji, maka sangat dibutuhkan adanya Pemeriksaan Penunjang untuk Deteksi Dini kesehatan jiwa calon jamaah haji di pelayanan kesehatan primer (PUSKESMAS), yang bertujuan untuk meminimalisir permasalahan kesehatan jiwa pada Jemaah Haji Indonesia serta optimalisasi penyelenggaraan ibadah Haji.



B. MAKSUD DAN TUJUAN


Maksud:

Melakukan deteksi dini kondisi kesehatan jiwa para Calon Jamaah Haji (CJH) di Pusat Pelayanan Kesehatan Primer (PUSKESMAS) yang dilakukan dalam waktu singkat (5-10 menit).

Tujuan:

Untuk mendapatkan CJH yang termasuk dalam kelompok risiko tinggi (RISTI) Kesehatan Jiwa (KESWA).









C. DEFINISI OPERASIONAL

Berikut ini merupakan Definisi Operasional dari :

  1. Pelayanan Kesehatan Primer Pemerintah adalah; Puskesmas kecamatan, Puskesmas Kelurahan dan Puskesmas Pembantu
  2. Pelayanan Kesehatan Sekunder adalah; Rumah Sakit pemerintah setempat yang telah ditunjuk pemerintah untuk merujuk CJH yang memerlukan tatalaksana medis lebih lanjut.
  3. Pelayanan Kesehatan Tersier adalah; merupakan Rumah Sakit pemerintah setempat yang telah ditunjuk pemerintah sebagai pusat rujukan tertinggi bagi CJH .
  4. Petugas Kesehatan PUSKESMAS adalah: dokter umum yang sudah mendapatkan pelatihan pemeriksaan kesehatan CJH. 
  5. Pusat Kesehatan Haji  adalah; Unit kerja di lingkungan Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan haji.
  6. Deteksi dini kesehatan jiwa CJH adalah; Upaya pemeriksaan medis yang bertujuan mendapatkan CJH yang termasuk dalam kelompok risiko tinggi (RISTI) Kesehatan Jiwa (KESWA)
  7. Gangguan Jiwa adalah; Suatu kelompok gejala atau perilaku yang secara klinis ditemukan bermakna dan disertai dengan penderitaan (distress) dan hendaya (disfungsi) .
  8. Risiko tinggi Keswa adalah; Kecenderungan seseorang akan mengalami gangguan jiwa berdasarkan pemeriksaan klinis dan penunjang medis psikiatri.
  9. Demensia adalah; suatu kondisi penurunan fungsi mental-intelektual (kognitif) yang progresif.
  10. Gejala-gejala Psikotik adalah;  halusinasi, waham, perilaku kataton, perilaku kacau, pembicaraan kacau yang pada umumnya disertai tilikan yang buruk.
  11. Episode Depresi adalah; suatu kondisi klinis yang ditandai dengan penurunan suasana perasaan (mood) dan berlangsung sekurangnya dua minggu disertai gejala-gejala berikut : konsentrasi berkurang, kepercayaan diri berkurang, gagasan perasaan bersalah, pandangan masa depan suram, nafsu makan berkurang dan gagasan atau perbuatan yang membahayakan diri atau bunuh diri.
  12. Episode Manik adalah; suatu kondisi klinis yang ditandai dengan peningkatan suasana perasaan (mood) dan berlangsung sekurangnya empat hari disertai setidaknya terdapat tiga dari gejala-gejala berikut : peningkatan aktivitas atau agitasi, peningkatan pembicaraan, perhatian yang mudah teralih, pengurangan kebutuhan tidur, peningkatan mudah teralih, peningkatan energi seksual, perilaku yang tidak bertanggungjawab, sosialisasi berlebihan.
  13. Gangguan Ansietas Menyeluruh adalah; suatu kondisi klinis yang ditandai dengan kecemasan berlebihan dan tidak rasional yang disertai dengan gejala somatik seperti ketegangan otot, iritabilitas, kesulitan tidur dan kegelisahan.

  1. MINI ICD-X adalah; Instrumen Penapisan (Deteksi Dini) Gangguan Jiwa yang telah divalidasi di Indonesia oleh Balitbangkes Kemenkes RI
  2. HVLT adalah; Instrumen Penapisan (Deteksi Dini) Demensia yang telah divalidasi di Indonesia oleh Dr.dr.Fidiansjah, SpKJ

D. ALUR DAN PROSEDUR


1.        CJH datang ke puskesmas untuk menjalankan prosedur pemeriksaan kesehatan termasuk deteksi dini risiko tinggi Keswa untuk melengkapi buku kesehatan Haji.
2.        Petugas kesehatan melakukan pemeriksaan kesehatan jiwa CJH dengan menggunakan instrumen MINI ICD-X dan HVLT (terlampir).
3.        Hasil akhir deteksi dini risti keswa CJH pada saat pemeriksaan dikategorisasikan dalam kelompok;
3.1.  Tidak ditemukan risiko.
3.2.  Ditemukan risiko tinggi:

3.2.1.  Demensia

3.2.2.  Gejala-gejala Psikotik

3.2.3        Episode Depresi
3.2.4        Episode Manik
3.2.5        Gangguan Ansietas
4.               Jika pada pemeriksaan di Pusat Pelayanan Kesehatan Primer /Puskesmas ditemukan CJH dengan kategori Risiko Tinggi (RISTI) Keswa maka akan dirujuk ke Pusat Pelayanan Kesehatan Sekunder di Kota/Kabupaten untuk dilakukan pemeriksaan dan penatalaksanaan lebih lanjut sesuai dengan alur rujukan pemeriksaan kesehatan CJH. Jika pada Pusat Pelayanan Sekunder di suatu daerah tidak terdapat Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa (Psikiater) maka akan diatur lebih lanjut oleh pihak Pusat Kesehatan Haji Kemenkes RI atau Dinas Kesehatan setempat.
5.               Pemeriksaan selesai.
























LAMPIRAN

INSTRUMEN HVLT & MINI ICD-X










MODIFIKASI  HVLT VERSI  2009
(HOPKINS VERBAL LEARNING TEST VERSION )

Petunjuk

Instruksi 1:
“Saya akan menyebutkan 12 kata, dengarkan baik-baik. Cobalah mengingat sebanyak mungkin kata-kata yang saya sebutkan. Setelah saya selesai menyebutkan kata-kata tersebut, ucapkan kembali semua kata yang Bapak/Ibu ingat, tanpa harus berurutan. Bapak/Ibu siap?”
Bacakan setiap kata dalam waktu 2 detik (jeda antar kata 1 detik). Setelah membacakan semua daftar kata, minta responden untuk menyebutkan kembali kata-kata tersebut. Periksa kata-kata yang disebutkan oleh responden, cocokkan dengan daftar kata. Jika kata yang disebutkan tidak ada dalam daftar, tuliskan kata tersebut dalam lembar pencatatan tapi jangan katakan kepada responden bahwa kata yang ia sebut tidak ada dalam daftar. Apabila dalam waktu 10 – 15 detik responden tidak menyebutkan satu katapun, tanyakan kembali kepada responden apakah masih bisa mengingat kata-kata yang lain. Jika tidak, lanjutkan ke Percobaan 2. Jangan lupa, tuliskan jumlah kata yang dapat disebutkan dengan benar oleh responden ke dalam lembar pencatatan.

Instruksi 2:
“Bapak/Ibu, tadi adalah permulaan yang bagus. Sekarang kita lanjutkan lagi. Saya akan membacakan kembali semua kata-kata tadi. Setelah saya selesai, Bapak/Ibu langsung menyebutkan sebanyak mungkin kata yang Bapak/Ibu ingat, termasuk kata-kata yang tadi dipercobaan 1 sudah Bapak/Ibu sebut. Urutan katanya bebas. Yang penting sebutkan semua kata yang bisa diingat, baik yang belum maupun yang sudah Bapak/Ibu sebut. Siap?”
Bacakan setiap kata dalam waktu 2 detik. Minta responden menyebutkan kata-kata yang mereka ingat. Periksa kesesuaian kata yang mereka sebutkan dengan daftar kata. Setelah itu jika responden tidak menyebutkan satu katapun dalam waktu 10 – 15 detik, tanyakan kembali apakah masih bisa mengingat kata-kata yang lain. Jika tidak lanjutkan ke Percobaan 3. Catat jumlah kata yang dapat disebutkan dengan benar ke dalam lembar pencatatan.









Instruksi 3:
“Bagus sekali Bapak/Ibu. Sekarang saya akan membacakan sekali lagi daftar kata tadi. Dengarkan baik-baik dan cobalah mengingat sebanyak mungkin kata, baik yang sudah Bapak/Ibu sebutkan maupun yang belum. Siap?”
Lakukan prosedur yang sama seperti sebelumnya. Ingat, waktu untuk setiap proses belajar dan recall adalah 1 menit.

Kata yang disebutkan
Percobaan 1
Percobaan 2
Percobaan 3
Benar (√)
Kata yang salah
Benar (√)
Kata yang salah
Benar (√)
Kata yang salah
1
Singa






2
Intan






3
Kuda






4
Tenda






5
Akik






6
Hotel






7
Gua






8
Kecubung






9
Harimau






10
Mutiara






11
Sapi






12
Gubuk







TOTAL







            Total kata yang diingat (0 – 36) ………………………………………….
Penilaian

≤ 14     : Sangat mungkin demensia

15 – 36: Normal




Akhir wawancara:
Terima kasih atas kesediaannya meluangkan waktu menjawab dan
kami sangat menghargai kerja sama yang diberikan.










MODIFIKASI HVLT VERSI  2009 (Bagian D)
(HOPKINS VERBAL LEARNING TEST VERSION )

Ingatan yang tertunda (D)
Untuk peneliti: Bagian ini diajukan pada responden setelah semua tes lain dilakukan. Jangan membacakan kembali daftar kata tadi. Periksa setiap kata yang disebutkan responden, catat semua kata-kata yang salah ke dalam lembar pencatatan.
Katakan kepada responden, “Tadi saya telah membacakan daftar kata kepada Bapak/Ibu dan Bapak/Ibu sudah berlatih untuk mengingat kata-kata tersebut.  Sekarang coba sebutkan kata-kata yang masih Bapak/Ibu ingat”.

Kata yang harus disebutkan
Benar(√ )
Catat semua kata yang tidak terdapat dalam daftar
1
Singa

1
2
Intan

2
3
Kuda

3
4
Tenda

4
5
Akik

5
6
Hotel

6
7
Gua

7
8
Kecubung

8
9
Harimau

9
10
Mutiara

10
11
Sapi

11
12
Gubuk

12

TOTAL



            Total kata yang diingat (0 – 36)  …………………………………………
Akhir wawancara:
Terima kasih atas kesediaannya meluangkan waktu menjawab dan
kami sangat menghargai kerja sama yang diberikan.







N. GANGGUAN PSIKOTIK

Mintalah satu contoh dari setiap pertanyaan yang dijawab positif. Beri kode YA hanya Jika contoh jelas menunjukan suatu distorsi dari pikiran atau dari persepsi.


        Sekarang saya akan menanyai anda perihal pengalaman yang tidak lazim yang mungkin dialami seseorang

N1. Apakah keluarga atau teman anda penuh menganggap keyakinan anda aneh atau tidak lazim ?
         (HANYA DIBERI KODE YA JIKA CONTOH YANG DIBERIKAN JELAS MERUPAKAN IDE-IDE KEBESARAN, HIPOKONDRIASIS, KEHANCURAN, BERSALAH ………)
N2. Pernahkah anda percaya bahwa seseorang sedang memata-matai anda, atau bahwa seseorang sedang berkomplot melawan anda, atau mencoba mencederai anda ?
N3. Pernahkan anda percaya bahwa seseorang sedang membaca pikiran anda atau bias mendengar pikiran anda atau bahwa anda sungguh bias membaca atau mendengar apa yang sedang dipikirkan oleh orang lain ?
N4. Pernahkan anda percaya bahwa seseorang atau suatu kekuatan diluar anda memasukkan buah pikiran yang bukan milik anda ke dalam pikiran anda atau menyebabkan anda bertindak sedemikian rupa yang bukan lazimnya anda ?
N5. Pernahkan anda percaya bahwa anda sedang dikirimi pesan khusus melalui TV, radio, atau Koran, atau bahwa seseorang yang tidak  anda kenal secara pribadi tertarik pada anda ?
N6 Pernahkan anda mendapat penampakan atau pernahkan anda melihat hal-hal yang tidak bias dilihat oleh orang lain ?
N7. Pernahkah anda mendengar sesuatu yang tak dapat didengar oleh orang lain, seperti suara-suara ?

JIKA SEMUA DIBERI KODE TIDAK SEJAK N1

Anda menyebutkan telah mengalami (Gejala mulai N1 samapai N7 yang diberi kode Ya )

N8. Apakah anda mengalami (Gejala N1-N7) akhir-akhir ini ?
      Jelaskan (misalnya : bulan lalu) :
N9. Selama hidup anda, apakah anda mengalami (gejala) lebih dari satu kali ?

APAKAH N9 DIBERI KODE TIDAK ?
JELASKAN APAKAH EPISODE ITU TERJADI
BARU-BARU INI ATAU MASA LALU (N8)











TIDAK      YA




TIDAK      YA



TIDAK      YA




TIDAK      YA

          

                 TIDAK      YA


                 TIDAK      YA

                 TIDAK      YA

STOP




TIDAK    YA


TIDAK   YA

Text Box:     TIDAK         YA
EPISODE PSIKOTIK TUNGGAL 
SAAT INI    DULU
 



TIDAK    YA
F
2
(x)

A.EPISODE DEPRESIF


A1. Selama 2 minggu terakhir :
a.       Apakah anda secara terus menerus merasa sedih, depresif atau murung, hampir sepanjang hari, hampir setiap hari ?
b.        Apakah anda hamper sepanjang waktu kurang berminat terhadap banyak hal atau kurang bisa menikmati hal-hal yang biasanya anda nikmati ?
c.        Apakah anda merasa lelah atau tidak bertenaga, hamper sepanjang waktu ?

JIKA KURANG DARI 2 YA PADA   A1

TIDAK      YA


TIDAK      YA



TIDAK      YA


  STOP



A2. Selama 2 terakhir, ketika anda merasa  sedih/depresi/tak berminat/ lelah :

a). Apakah nafsu makan anda berubah secara            mencolok atau apakah berat badan anda miningkat atau menurun tanpa upaya yang disengaja ?
b)       Apakah anda mengalami kesulitan tidur hamper setiap malam (kesulitan untuk mulai tidur, terbangun  tengah malam atau terbangun lebih dini, tidur berlebihan)
c)       Apakan Anda berbicara atau bergerak   lebih    lambat daripada biasanya gelisah, tidak tenang atau mengalami kesulitan untuk tetap diam ? 
d)       Apakah anda kehilangan kepercayaan diri, atau apakah anda merasa tak berharga atau    bahkan lebih rendah daripada orang lain ?
e)       Apakah anda merasa bersalah atau mempermasalahkan diri sendiri ?
f)        Apakah anda mengalami kesulitan tidur hampir setiap malam (kesulitan untuk mulai tidur, terbangun  tengah malam atau terbangun lebih dini, tidur berlebihan)
g)       Apakah anda berniat untuk menyakiti diri sendiri, ingin bunuh diri atau berharap bahwa anda mati ?

APAKAH 4 ITEM ATAU LEBIH SEJAK A1 DEBERI KODE YA  ?  







TIDAK      YA


TIDAK      YA



TIDAK      YA


TIDAK      YA


TIDAK      YA


TIDAK      YA


            TIDAK     YA


Text Box:    TIDAK       YA
EPISODE DEPRESI
 
F
3
2


A3.JIKA PASIEN MEMENUHI KRITERIA UNTUK EPISODE DEPRESIF :

a.       Selama hidup anda, pernahkah anda   selama     dua Minggu atau lebih merasa depresi dan mengalami hal-hal yang baru kita bicarakan ?
b.       Sebelum anda merasakan depresi ini, apakah   andamerasa baik saja selama sekarangnya 2 bulan?

APAKAH  A3b  DEBERI KODE YA ?


               TIDAK     YA

TIDAK     YA

Text Box:     TIDAK         YA

GANGGUAN DEPRESI BERULANG
 

F
3
3

C. EPISODE MANIK
C1. Pernahkah anda mengalami periode waktu saat anda merasa diri anda sangat bersemangat atau penuh bertenaga atau sangat bangga dengan diri sendiri sehingga anda mengalami anda dirawat di rumah sakit untuk kesulitan, atau orang lain berpendapat bahwa bukan diri anda yang biasanya ?
C2. Pernahkah anda mengalami suatu periode waktu saat anda merasa sangat mudah tersinggung sehingga anda berteriak kepada orang atau memulai suatu perkelahian atau pertengkaran ?
JIKA C1  DAN C2 DIBERI KODE TIDAK
C3. Apakah salah satu periode ini berlangsung sekurang-kurangnya satu minggu atau pernahkah masalah ini ?


TIDAK     YA




TIDAK     YA

STOP

TIDAK     YA


C4. Apakah anda mengalami masalah ini selama bulan lalu ?
C5. Saat anda merasa sangat bersemangat/mudah tersinggung :       
JIKA SAAT INI MANIK : EKSPLORASI EPISODE SAAT INI
JIKA TIDAK : EKSPLORASI YANG PALING PARAH
a. Apakah anda terdorong untuk melakukan aktivitas     fisik sehingga anda tidak bisa duduk diam ?
b. Apakah anda berbicara tanpa henti atau sedemikian  cepatnya ?                                         
c. Apakah pikiran anda mengalir sedemikian cepatnya sehingga anda kesulitan mengikutinya ?
d.  Apakah anda menjadi sedemikian aktif      sehingga teman atau keluarga anda khawatir tentang anda ?
e.Apakah kebutuhan tidur anda kurang daripada biasanya ?
f. Apakah anda merasa mamapu melakukan hal yang tidak mampu, atau bahwa anda seorang yang penting?
g.Apakah anda mudah beralih perhatian sehingga gangguang yang ringan saja menyebabkan anda  menyimpang ?
h.Apakah anda sangat ingin terlibat di dalam kegiatan yang menyenangkan sehingga mengabaikan risiko atau kesulitan (misalnya : berfoya – foya , ngebut, dll)
i. Apakah minat  seksual anda sedemikan   tinggi sehingga anda melakukan aktivitas seksual yang tidak lazim?
JIKA KURANG DARI ITEM DARI C5 DIBERI KODE YA ( ATAU KURANG DARI 4 JIKA C1 = TIDAK)
C6. Apakah masalah ini mengganggu pekerjaan atau aktivitas social anda, atau pernahkah anda dirawat inap di rumah sakit karena masalah ini ?
APAKAH C6 DIBERI KODE YA ?
TENTUKAN APAKAH EPISODE TERSEBUT TERJADI SAAT INI ATAU MASA LALU (C4)
TIDAK     YA







TIDAK     YA

TIDAK     YA

TIDAK     YA

TIDAK     YA

TIDAK     YA

TIDAK     YA


TIDAK     YA


TIDAK     YA



TIDAK     YA

STOP
TIDAK     YA

Text Box:     TIDAK         YA
EPISODE MANIK
SAAT INI        DULU
 





H. GANGGUAN ANXIETAS MENYELURUH
Jangan mengeksplorasikan seksi ini, jika pasien memperlihatkan gangguan exietas lain (F40,- ; F41.0 ; F42)

H1. Apakah anda  khawatir berlebihan atau cemas perihal 2   atau lLebih masalah hidup sehari-hari (misalnya keuangan,  kesehatan anak, nasib buruk) selama 6 bulan terakhir ? lebih daripada orang lain ? apakah kekhawatiran ini muncul hamper    setiap hari ? (atau apakah orang mengatakan kepada anda bahwa anda khawatir berlebihan) ?

TIDAK     YA



H2. Selama periode ini, apakah anda sering :
a. merasa denyut jantung tak beratur, cepat atau berdebar  keras ?
b. Berkeringat ?                                                                   
c. Gemetar atau bergetar ?                                               
d.  Merasa mulut kering ?                                                 

JIKA SEMUA DIKODE TIDAK dari H2a sampai H2d

e.  Mengalami kesulitan bernafas ?                                
f.  Merasa tercekik ?                                                                          
g.  Merasa nyeri, tertekan atau tidak enak di dada ?  
h.  Mengalami mual atau gangguan perut ?                 
i. Kepala pusing, sempoyongan, melayang atau pingsan ?       
j.   Merasa asing dengan sekelilinganda atau asing dengan bagian tubuh  anda ?
k.  Takut bahwa anda akan menjadi gila, kehilangan kendali atau pingsan ?
l.   Takut bahwa anda akan mati ?                                 
m.  Mengalami kilatan panas atau kedinginan ?
n.   Merasa kesemutan atau baal pada bagian tubuh anda ?
o.   Merasa sakit, nyeri otot, atau merasa tegang ?     
p.   Merasa gelisah ?                                                                           
q.   Merasa tegang ?                                                                           
r. Merasasulit menelan, atau kerongkongan tersumbat?
s.   Mudah kaget/terkejut ?                                                               
t.    Sulit berkonsentrasi, atau merasa pikiran kosong ?
u.   Merasa mudah tersinggung ?                                     
v.   Sulit tidur karena kekhawatiran anda ?                  
               

APAKAH 4 ATAU LEBIH ITEM DARI H2 DIKODE YA ?






TIDAK     YA
TIDAK     YA
TIDAK     YA
TIDAK     YA



STOP

TIDAK     YA
TIDAK     YA
TIDAK     YA
TIDAK     YA
TIDAK     YA

TIDAK     YA

TIDAK     YA

TIDAK     YA
TIDAK     YA
TIDAK     YA

TIDAK     YA
TIDAK     YA
TIDAK     YA
TIDAK     YA

TIDAK     YA
TIDAK     YA
TIDAK     YA
TIDAK     YA

Text Box:     TIDAK         YA

GANGGUAN ANXIETAS
MENYELURUH
F
4
1
.
1


No comments:

Post a Comment