Saturday, December 16, 2017

Rencana Kerja Operasional (RKO) SOC 05 2016


RENCANA KERJA OPERASIONAL
( R K O )


NAMA PETUGAS                  :  ADIN SUTANTO, AMK
JENIS PETUGAS                             :  TKHI / PERAWAT
NOMOR KLOTER                 :  SOC 05
GELOMBANG                       :  I
TANGGAL BERANGKAT    :  11 AGUSTUS 2016
JAM BERANGKAT               :  01:40 WIB

 






TIM KESEHATAN HAJI INDONESIA ( TKHI )
TAHUN 1437 H / 2016 M
DAFTAR ISI
Halaman Judul                                                                                                             1
Daftar Isi                                                                                                                      2
PENDAHULUAN                                                                                                      3
            Latar Belakang                                                                                                 3
            Uraian Tugas                                                                                                    3
            Maksud dan Tujuan                                                                                         4
            Manfaat RKO                                                                                                              4
            Komitmen Pelayanan                                                                                       4
RENCANA KERJA OPERASIONAL                                                                      5
            Pra Embarkasi                                                                                                  5
            Embarkasi                                                                                                        5
            Pesawat Berangkat                                                                                          6
Madinah                                                                                                           9
Makkah ( Pra Wukuf )                                                                                     9
Armina                                                                                                             10
Makkah ( Pasca Wukuf )                                                                                 11
Jeddah ( Pulang )                                                                                             12
Pesawat ( Pulang )                                                                                           12
Debarkasi                                                                                                         12
PENUTUP                                                                                                                   14






PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
            Perjalanan ibadah haji adalah perjalanan suci, disamping memerlukan biaya yang tidak sedikit juga memerlukan kesiapan fisik dan mental ( istito’ah ) serta pengetahuan tentang manasik haji. Agar proses perjalanan dan pelaksanaan ibadah haji dapat dilalui secara menyeluruh dibutuhkan kondisi fisik yang sehat dan stamina yang prima.
            Sesuai UU NO. 13 Tahun 2008 telah menyebutkan bahwa penyelenggaraan ibadah haji bertujuan untuk memberi pembinaan, pelayanan dan perlindungan yang sebaik-baiknya melalui sistem dan manajemen penyelenggaraan yang baik agar pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan dengan aman, tertib, lancar dan nyaman sesuai dengan tuntunan agama sehingga jamaah haji dapat melaksanakan ibadah haji secara mandiri dan diperoleh ibadah haji yang mabrur. Untuk mencapai tujuan tersebut salah satunya diperlukan di perlukan uraian tugas bagi petugas haji yang menyertai kloter. Tugas bagi petugas kloter sangat komprehensif dari dalam negeri sampai Arab Saudi untuk menjalankan ibadah haji , kemudian kembali ke tanah air. Agar dapat bekerja maksimal dibutuhkan keterpaduan antar anggota tim petugas kloter, sehingga kebutuhan jamaah haji dapat terakomodasi.
URAIAN TUGAS   
Oleh karena itu sebagai petugas TKHI sangat perlu membuat uraian tugas yang terinci sebagai bentuk tanggung jawab untuk bekerja maksimal, yang nantinya dapat membantu dalam pelaksanaan tugas. Dari perjalanan sejak awal pemberangkatan jamaah haji sampai pemulangan, perencanaan tersebut dimasukan dalam Rencana Kerja Operasional ( RKO ) yang dipakai pedoman petugas dalam pelayanan haji. Adapun yang dapat digambarkan dalam tugas-tugas secara global adalah sebagai berikut :
1.      RKO Pra Embarkasi
2.      RKO di Embarkasi
3.      RKO di Pesawat   ( berangkat )
4.      RKO di Madinah
5.      RKO di Makkah   ( Pra Wukuf )
6.      RKO di Armina
7.      RKO di Makkah   ( Pasca Wukuf )
8.      RKO di Jeddah     ( Pulang )
9.      RKO di Pesawat   ( Pulang )
10.  RKO di Debarkasi




MAKSUD DAN TUJUAN
            Maksud dan tujuan dibuatnya rencana kerja operasional ini adalah sebagai berikut :
1.      Sebagai acuan dan pedoman dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada jamaah haji kloter 5 SOC Kabupaten Pekalongan,
2.      Membantu menyesuaikan diri di tempat dan lingkungan yang baru,
3.      Memberi gambaran keadaan operasional secara jelas,
4.      Memberi kejelasan tugas sehingga mempermudah koordinasi dengan pihak lain ( petugas kloter ),
5.      Mengurangi resiko yang akan terjadi,
6.      Merencanakan waktu selektif dan seefisien mungkin sehingga kegiatan dapat berjalan lancar dan petugas dapat melaksanakan ibadah haji sesuai syarat, rukun, wajib, dan sunah haji, sehingga menjadi haji yang mabrur.
MANFAAT RKO
            Manfaat RKO adalah :
1.      Memberikan gambaran tentang Rencana Kerja Operasional secara jelas,
2.      Memantapkan koordinasi antar petugas kloter ( TPHI, TPIHI, TKHI, TPHD, TKHD ),
3.      Mengurangi resiko pekerjaan yang tidak pasti,
4.      Menghemat waktu, biaya dan tenaga bertugas di tanah suci.
KOMITMEN PELAYANAN
            Komitmen Layanan Petugas Haji Kloter 5 Embarkasi Adi Sumarmo (SOC) tahun 1437 H / 2016 M, sebagai berikut :
Kami berjanji akan melayani Jamaah Haji dengan sepenuh hati, sehingga menjadi haji mabrur.
Demikian uraian tugas yang kami buat, semoga membantu dalam melaksanakan tugas sebagai petugas haji kloter 5. Mohon maaf atas segala kekurangan. Atas perhatian serta bantuan dari semua pihak dalam penyusunan RKO ini kami ucapkan terima kasih.





RENCANA KERJA OPERASIONAL

NO

HARI / TGL

JAM

LOKASI

URAIAN KEGIATAN

KOOR DINASI
1.





















2























3



4






5




6






7










8









































9









10































11

























12




13












14




































15








16




17













20

















21


22


23



24








25


















26













27


28



29




30






31



32












33












34


35










36


37


38










39













40




41

Selasa, 12/07/2016




















Rabu
13/07/2016






















Kamis, 14 Juli 2016


Selasa, 19 Juli 2016





Rabu, 20 Juli 2016



Kamis, 28 Juli 2016





Selasa, 09/08/2016









Rabu,
10/08/2016








































Kamis, 11/08/2016








































Kamis, 11/08/2016





























Kamis, 11/08/2016











Kamis, 11/08/2016

Kamis, 11/08/2016
s/d
Kamis, 18/08/2016





























Kamis, 18/08/2016


























Jum’at, 19/08/2016
s/d Jum’at, 09/09/2016














04/09/2016
H-7 Wukuf

06/09/2016
H-5 Wukuf

08/09/2016
H-3 Wukuf


09/09/2016
H-2 Wukuf







Sabtu, 10/09/2016
H-1 Wukuf
















Minggu 11/09/2016
9 Dzulhijjah 1437 H

















Senin, 12/09/2016
10 Dzulhijah 1437 H











Selasa, 13/09/2016
11 Dzulhijjah 1435 H
s/d
Rabu,
14/09/2016
12 Dzulhijjah 1437 H


Rabu, 14/09/2016
12 Dzulhijjah 1437 H











Rabu, 14/09/2016
s/d
Minggu, 18/09/2016




15/09/2016

Senin, 19/09/2016




Senin, 19/09/2016























Selasa, 20/10/2016






08:00 WIB




















08.00
WIB






















08.00



10.30






08.00




09.00






07:00
WIB









07:00 WIB







08.00











13.00










15.30









00:00 WIB








01:40WIB






























09:30 WAS
























12:50 WAS



13.20 WAS











15:30 WIB



































17:00 WAS







17:20 WAS
17:40 WAS

24:00 WAS

















































09:00 WAS

11:00 WAS














12:00
WAS












19:00
WAS

20:00
WAS


01:00
WAS



02:00
WAS





05:00
WAS















13:00
WAS



16:00
WAS






20:00
WAS












04:00
WAS

06:00
WAS

06:00 WAS









11:30 WAS












04:15 WIB



04:50 WIB


Pra Embarkasi


Kantor Kemenag Kab. Pekalongan






































Puskesmas Karangdadap

Gedung Islamic Center Kedungwuni


Dinkesh Prov. Jateng



Kemenag Kab. Pekalongan




Wisma Armina









Embarkasi SOC








































Embarkasi SOC








Pesawat































AMAAIA Madinah
























Bis




Madinah












Madinah


Madinah

































Madinah








Bir Ali

Bir Ali


Makkah













Makkah
(Pra Wukuf)















Makkah


Armina






Makkah








Makkah


Arofah















Arofah
















Muzdalifah



Muzdalifah




Mina






Mina



Mina












Mina




Makkah







Masjidil Haram

Makkah










Makkah


Jeddah


KAAIA Jeddah









Pesawat (Pulang)












Bandara Adi Sumarmo


Debarkasi



a.       Melakukan integrasi dengan petugas yang ada untuk memperoleh jadwal pembinaan,
b.      Memperkenalkan diri dengan seluruh CJH, karu/karom, petugas kolektor daerah.
c.       Mengikuti kegiatan manasik haji bagi CJH
d.      Berperan aktif dalam pembinaan kesehatan
e.       Mendeteksi dini CJH Risti dan mengingatkan kpd CJH agar obat-obat yang biasa yang dipakai supaya dibawa tenteng/paspor dan dicatat
f.       Mengingatkan CJH agar BKJH tidak ketinggalan
g.      Membuat/mengkopi daftar CJH kloter


a.       Melakukan integrasi dengan petugas yang ada untuk memperoleh jadwal pembinaan,
b.      Memperkenalkan diri dengan seluruh CJH, karu/karom, petugas kolektor daerah.
c.       Mengikuti kegiatan manasik haji bagi CJH
d.      Berperan aktif dalam pembinaan kesehatan
e.       Mendeteksi dini CJH Risti dan mengingatkan kpd CJH agar obat-obat yang biasa yang dipakai supaya dibawa tenteng/paspor dan dicatat
f.       Mengingatkan CJH agar BKJH tidak ketinggalan
g.      Membuat/mengkopi daftar CJH

Melakukan vaksinasi meningitis CJH


Melakukan pembinaan kesehatan CJH





Pembekalan kloter




Koordinasi dan pemantapan kloter





a.       Petugas masuk Wisma  Armina
b.      Koordinasi seluruh petugas kloter untuk pemantapan dan pembinaan
c.       Petugas lapor PPIH embarkasi SOC dan meminta menjelaskan seperlunya



a.       Lapor kepada petugas PPIH emberkasi
b.      Menyerahkan RKO kepada PPIH emberkasi bidang kesehatan
c.       Menyambut kedatangan CJH
d.      Menunjukan lokasi poliklinik emberkasi kepada CJH
e.       Membantu petugas PPIH dalam pemeriksaan kesehatan CJH
f.       Membantu CJH Risti dan mengecek kelengkapan pengisian BKJH
g.      Menginformasikan kepada CJH tentang tempat minum di asrama ( masjid, MCK)
h.      Monitoring catering dan pemantauan kemungkinan KLB
i.        Mengikuti rapat pemantapan karu/karom yang diselenggarakan PPIH embarkasi
j.        Visitasi CJH pertama yg Risti, anjuran untuk istirahat cukup di sela-sela kegiatan asrama haji
k.      Meminta manifest CJH Risti dari petugas PPIH bidang kesehatan
l.        Penyuluhan kesehatan tentang kebersihan , persiapan penerbangan, kesehatan penerbangan anjuran istirahat
m.    Menginformasikan CJH tentang jadwal keberangkatan dan hal-hal yang perlu di persiapkan

a.       Membantu persiapan pemberangkatan CJH ke bandara
b.      Membantu pengecekan barang bawaan agar tidak tertinggal
c.       Membantu kelancaran proses evakuasi CJH dari asrama haji ke bandara

a.       Memperkenalkan diri pada awak pesawat
b.      Membantu CJH menempati duduk sesuai nomor tempat duduk
c.       Mengecek persediaan obat dan alkes di pesawat
d.      Membantu CJH Risti dalam penerbangan
e.       Memberikan pengobatan pada CJH sakit dan mencatatnya di BKJH, jurnal harian
f.       Memberikan penyuluhan kesehatan :
-          Aturan penggunaan toilet di pesawat
-          Anjuran tidak menahan BAK
-          Makan minum segera setelah di hidangkan
-          Gangguan kesehatan pada penerbangan dan cara mengatasinya
g.      Menginformasikan kepada puser apabila ada CJH yang gawat / meninggal
h.      Visitasi CJH
i.        Monitoring catering dan KLB
j.        Membuat laporan etape penjualan dan laporan harian

a.       Membantu kelancaran CJH saat turun pesawat
b.      Melaporkan kondisi kesehatan CJH di sektor bandara Madinah dan meminta tanda tangan buku laporan
c.       Mengambil tas kloter
d.      Mengecek kelengkapan  isi tas kloter
e.       Melakukan registrasi android
f.       Visitasi, melayani jamaah sakit dan merujuknya ke sektor Madinah jika di perlukan
g.      Membagi petugas untuk di tempatkan pada tiap bis yang jumlah Ristinya banyak
h.      Membantu kelancaran CJH naik bis sesuai dengan rombongannya untuk berangkat menuju Madinah & membekali obat-obatan ringan melalui karom


Bis berangkat menuju hotel Madinah



a.       Tiba di hotel Madinah
b.      Membantu kelancaran CJH menempati kamar hotel
c.       Menentukan lokasi pelayanan kesehatan
d.      Megkoordinasikan pelayanan kesehatan
e.       Menempelkan petugas arah lokasi pelayanan kesehatan
f.       Lapor ke sektor Madinah dan mencatat nomor penting di sektor Madinah

Memulai pelaksanaan ibadah Sholat arba’in

a.       Melaksanakan ibadah sholat arba’in
b.      Mengkoordinasikan pelayanan kesehatan
c.       Memberikan pelayanan pengobatan pada jamaah
d.      Melakukan rujukan bila diperlukan
e.       Membuat AV bila ada JH meninggal
f.       Memberikan penyuluhan :
-          PHBS
-          Cuaca extrim dan antisipasinya (frozzbite)
-          Jangan menunda makan dan minum
-          Makan buah dan sayuran yang cukup
-          Istirahat cukup di sela-sela ibadah
-          Minum yang cukup
g.      Melakukan visitasi ke kamar JH
h.      Mengecek kelayakan makanan catering
i.        Memantau potensi KLB
j.        Mendampingi JH berziarah
k.      Membuat laporan harian dan amprah obat
l.        Melaporkan laporan ke sektor paling lambat jam 13:00 WAS


Bis berangkat ke Mekkah
a.       Membagi petugas untuk ditempatkan pada tiap bis yang jumlah ristinya banyak
b.      Membekali obat-obatan ringan untuk pertolongan pertama bagi JH selama di perjalanan melalui karom

Mengambil Miqat

Bis berangkat menuju Makkah


Bis sampai Makkah
a.       Membantu kelancaran JH turun dari bis
b.      Membantu kelancaran penempatan kamar hotel
c.       Menentukan lokasi pelayanan kesehatan
d.      Memasang petunjuk arah lokasi pelayanan kesehatan
e.       Visitasi JH
f.       Lapor sektor Makkah
g.      Persiapan melaksanakan umroh wajib

a.       Mengkoordinasikan pelayanan kesehatan
b.      Visitasi JH
c.       Memberikan penyuluhan
-          PHBS
-          Makanan sehat
-          Minum yang cukup
-          Istirahat cukup di sela-sela ibadah
d.      Monitoring masakan, makanan & minuman JH
e.       Melakukan rujukan bila diperlukan
f.       Membuat AV bila  ada JH meninggal
g.      Membuat laporan harian dan amprah obat

Mengusulkan JH yang perlu di safari wukufkan

Survey lokasi Armina


Rapat koordinasi semua petugas kloter


Persiapan wukuf
-          Amprah obat yang dibutuhkan
-          Menitipkan obat-obatan ringan yang di perlukan JH melalui karu/karom
-          Rakor pelaksanaan wukuf


Bis berangkat ke Arofah


Bis sampai di Arofah
a.       Membantu kelancaran JH di tenda
b.      Visitasi JH
c.       Lapor satop & mencatat no telepon yang bisa di hubungi
d.      Mengecek kelayakan catering
e.       Memberi penyuluhan kesehatan :
-          Cuaca panas
-          Heat stroke dan pencegahannya
-          Banyak minum
f.       Mewaspadai potensi KLB

Pelaksanaan Wukuf
a.       Bersama-sama jamaah mengikuti prosesi wukuf
-          Mendengarkan khutbah wukuf
-          Sholat jama’ qasar dhuhur dan ashar berjamaah
-          Berdzikir dan berdo’a
b.      Visitasi jamaah
c.       Antisipasi heat stroke
d.      Menganjurkan JH untuk banyak minum


Berangkat ke Muzdalifah


Sampai di Muzdalifah
Mabit dan ambil kerikil untuk lempar jumrah

Berangkat ke Mina




Sampai di Mina
a.       Membantu kelancaran JH turun dari bis
b.      Membantu kelancaran JH ke tenda
c.       Visitasi JH

Menyertai JH melempar jumrah Aqobah


a.       Visitasi JH
b.      Penyuluhan cuaca extrim dan antisipasinya
c.       Menganjurkan untuk istirahat cukup di sela-sela ibadah
d.      Memantau potensi KLB (diare)
e.       Laporan harian ke satop dan amprah obat
f.       Menyertai JH lempar jumrah ula, wustha, agobah

Berangkat kembali ke Makkah




Sampai di Hotel Makkah
a.       Membantu kelancaran JH turun dari bis dan masuk hotel
b.      Visitasi JH
c.       Lapor ke sektor


Menyertai JH Thawaf Ifadoh, Sa’i

a.       Visitasi JH
b.      Monitoring masakan, minuman JH
c.       Menganjurkan untuk istirahat cukup di sela-sela ibadah
d.      Laporan harian ke sektor dan amprah obat

Menimbang koper max 32 kg

Berangkat ke KAAIA Jeddah


Sampai di KAAIA Jeddah


a.       Membantu kelancaran JH turun dari bis
b.      Memantau kondisi kesehatan jamaah di bandara
c.       Lapor ke sektor Jeddah
d.      Mengembalikan sisa obat, alkes
e.       Mengembalikan android
f.       Meminta tanda tangan laporan etape perjalanan

a.       Memperkenalkan diri pada kru pesawat
b.      Mengecek persediaan alkes dan obat di pesawat
c.       Memantau jamaah Risti dalam penerbangan
d.      Memberikan pengobatan pada JH sakit dan mencatat di BKJH
e.       Mengecek kelayakan catering di pesawat
f.       Membuat laporan etape perjalanan

Tiba di Bandara Adi Sumarmo
a.       Membantu kelancaran JH turun dari pesawat terutama yang Risti

Tiba di Debarkasi
a.       Lapor PPIH debarkasi dan menyerahkan laporan etape perjalanan TKHI
b.      Menginformasikan pada JH untuk menyerahkan lembar K3JH pada puskesmas setempat dua minggu setelah kepulangan
c.       Ikut dalam acara penyerahan JH ke pemda Kabupaten Pekalongan

Kemenag, DKK, Ptgs kloter

Ptgs kloter, karu/karom



TKHI

TKHI,DKK, Karu/Karom



TKHI

Ptgs Kloter



TKHI, Kemenag, TPHI, TPIHI





















TKHI



TKHI, Kemenag





TKHI, Dinkesh Prov Jateng


TKHI, TPHI, TPIHI, TPHD, TKHD, Karom, Karo


TKHI, PPIH



TKHI, PPIH

Ptgs kloter, PPIH



Ptgs kloter
TKHI


TKHI, TKHD




Karu/karom


TKHD


TKHI,TPHI, TPIHI


Tim Kloter, PPIH





Tim Kloter




Tim Kloter




Tim Kloter, PPIH















Tim Kloter




Kru Pesawat

TKHI,TKHD
























Tim Kloter, Kru Pesawat








Purser


TKHI,TKHD
TKHI
TKHI



Karu/Karom

Sektor




Sektor




Sektor



Tim Kloter


Karu/Karom











Karu/Karom

TPHI

TKHI,TKHD

Karu/Karom

Sektor

TPHI

TPIHI


TKHI,TKHD

TKHI

Sektor

Karu

TKHI










TKHI,TKHD

TKHI

TKHI
TPIHI
TKHI






Tim Kloter,
TKHI,TKHD

Karu/Karom





TPIHI

Tim Kloter






Tim Kloter

TPHI,Karu/ Karom,
TPHI, TKHI

TKHI

TKHI,TKHD
TKHI
TPIHI


TKHD

TKHI
TKHI





TKHI

Sektor

Karu/Karom


Tim Kloter


Sektor, BPHI


Maktab, Tim Kloter






Sektor

Karu/Karom


TPIHI

Tim Kloter


Tim Kloter
Karu/Karom

TKHI
Satop




Tim kloter






Tim kloter




Tim Kloter






TPIHI,Karu/Karom


TPIHI




TPIHI
Karu/Karom

Karu/Karom



TPIHI, Karu/Karom


TKHI
TKHI

TKHI


TKHI

Sektor

Karu/Karom


TKHI








TPHI
Karu/Karom
Tim Kloter


Tim Kloter


TPHI
TKHI

TKHI,Karu/Karom


Sektor



Tim Kloter, Cargo
TPHI


TPHI


Karu/Karom





TKHI

Sektor
Sektor

Sektor
Sektor


Kru

Puser

TKHI

TKHI


Kru

TKHI



Karu/Karom




PPIH Debarkasi

TKHI,TKHD




Tim Kloter








PENUTUP

Alhamdulillah kami panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan pertolongan dan petunjuk dalam pembuatan RKO. Kami ucapkan terima kasih kepada fasilitator yang telah membantu kami sehingga kami menjadi lebih mengerti dan paham alur kegiatan dan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada jamaah haji.
            Semoga RKO ini dapat membantu kami dalam bertugas memberikan pelayanan kesehatan kepada jamaah haji. Selain itu kami juga mohon maaf apabila dalam penulisan RKO ini terdapat kesalahan. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan, Terima Kasih.

Kajen, 2 Agustus 2016
                                                                                                               TKHI


                                                                                                             ADIN SUTANTO, AMK

No comments:

Post a Comment